Selasa, 01 April 2014

Hari Kanker Tulang

Seperti yang kita ketahui bahwa tulang adalah organ penting dalam tubuh kita. Berkat tulang kita dapat berdiri dan berjalan dengan tegap. Tulang memiliki peran penting lainnya yaitu sebagai tempat memproduksi sel darah merah dan putih di dalam tubuh. Ketika lahir manusia memiliki 270 susun tulang, namun sejalan dengan waktu tulang-tulang tersebut melebur hingga menyisahkan 206 tulang. Bisa dibilang tulang sangat rentan mengalami gangguan seperti persendian, bahkan kanker tulang.


Kanker tulang merupakan penyakit yang belum banyak diketahui orang. Namun faktanya, penyakit ini ada dan cukup berbahaya. Kanker tulang banyak menyerang anak anak dan remaja, namun orang dewasa juga bisa menjadi korban kanker tulang. Kanker tulang pada orang dewasa bisa disebabkan oleh penularan dari tumor lain.

Penyebab kanker tulang terdiri dari dua sumber yakni kanker tulang primer dan kanker tulang sekunder. Kanker tulang primer adalah kanker yang terjadi karena ada masalah di dalam tulang itu sendiri seperti adanya kelainan pada sel dan tak terkendali. Sedangkan kanker tulang sekunder muncul karena adanya mutasi sel kanker lain. Misalnya kanker pada hati kemudian menyerang ke tulang sehingga menyebabkan kanker tulang.
Masalah pada tulang seperti rasa nyeri pada sendi kurang mendapatkan perhatian lebih. Nyeri sendi yang berlangsung terus menerus tanpa disebabkan oleh cedera perlu diwaspadai. Bagian yang diserang biasanya tulang panjang seperti tulang kaki dan tulang tangan. Gejala lain dari kanker tulang ditandai dengan turunnya nafsu makan secara drastis, tumbuh benjolan pada tulang, dan tulang terasa lemah hingga tak mampu melakukan aktivitas seperti biasanya. Adapula gejala seperti demam disertai mual dan muntah bisa menjadi tanda-tanda kanker tulang. Hal ini karena tingkat kalsium pada tulang yang meningkat, namun tanda mual tersebut tidak selalu dialami si penderita. Apabila tanda-tanda seperti ini dibiarkan begitu saja akan mengakibatkan kelumpuhan pada organ-organ tertentu. Ketika memasuki stadium yang lebih parah, syaraf akan terganggu dan putus sehingga menyebabkan kelumpuhan secara bersamaan.
Ada tiga jenis kanker tulang yang sering menyerang manusia yaitu ewing sarkoma, osteosarkoma dan kondrosarkoma. Pertama, Ewing sarkoma sering menyerang anak yang dalam masa pertumbuhan seperti pada anak di bawah usia 10 tahun. Biasanya kanker ini muncul pada tulang tulang pipih, tengkorak, tulang dada, tulang panggul dan tulang panjang motorik. Penyakit ini cukup sulit didiagnosis, ketika terdeteksi penyebarannya bisa sudah mencapai 30% dan jika sudah demikian infeksi lain akan sangat mudah masuk. Kemudian, osteosarkoma adalah penyakit kanker tulang yang terbilang ganas. Masih sama dengan jenis kanker sebelumnya, penyakit ini menyerang anak yang dalam masa pertumbuhan namun dalam usia 15 tahun ke bawah. Letak tumbuhnya osteosarkoma ini adalah pada ujung tulang dan cepat sekali membesar sehingga membatasi gerak motorik anak. Kanker jenis ini bisa disebabkan karena adanya faktor genetika dari orangtua. Sedangkan yang terakhir adalah kondrosarkoma, kanker jenis ini menyerang tulang rawan dan biasanya para penderita berusia di atas 50 tahun. Pembedahan adalah penyembuhan yang paling tepat untuk kanker jenis ini.
Pengobatan kanker tulang bisa dengan cara kemoterapi, radiasi, operasi dan amputasi adalah pilihan terakhir. Semua teknik penyembuhan ini berdasarkan jenis kanker dan tingkat stadium yang diderita pasien. Tindakan amputasi biasanya dilakukan pada pasien yang sudah sangat parah untuk menghindari penyebaran ke daerah tubuh lainnya. Meskipun dengan cara pembedahan, kemoterapi, radiasi dan amputasi sang pasien masih bisa bertahan hidup, namun pencegahan haruslah selalu dilakukan. Caranya yaitu dengan meningkatkan system kekebalan tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat. Jaga tubuh dari gangguan radikal bebas dengan banyak mengonsumsi antioksidan dan mineral penting lainnya.
Sumber :
http://bit.ly/12Ngg7G
http://bit.ly/11XADQx
http://bit.ly/10Ve0de

http://bit.ly/ZoqF5P

0 komentar:

Posting Komentar